Resolusi tahun baru kerap dituliskan setiap akhir tahun dan selalu menjadi hal yang menyenangkan. Resolusi  merupakan target atau agenda yang direncakanakan dengan target yang diharapkan bisa tercapai dan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Kebiasaan menyusun resolusi tahun baru selalu menjadi kebiasaan beberapa orang. Namun begitu, resolusi iitu hanya akan sia-sia jika tidak dibarengi oleh aksi dan evaluasi atas resolusi yang sudah kita targetkan sebelumnya.  Resolusi bisa berupa pekerjaan atau karir baru/ meningkat, menabung, hidup lebih sehat, menikah, dan masih banyak lagi.

Tips supaya resolusi tahun barumu tercapaitips resolusi tahun baru

Siapa  di sini yang setiap akhir tahun selalu membuat resolusi namun tak pernah tercapai? Naah supaya resolusimu tercapai, yuk simak tips berikut ini.

  • Buat resolusi yang realistis. Pertimbangkan resolusi yang kamu buat. Apakah resolusi tersebut bisa tercapai dalam rentang 1 tahun. Apakah resolusi tersebut mudah sehingga resolusi tidak berakhir hanya menjadi impian belaka.
  • Perlahan namun pasti. Memulai sesuatu pasti berat, terlebih ketika hal tersebut merupakan sesuatu yang baru dan belum memiliki keahlian atau pengalaman yang cukup. Namun bukan berarti harus menyerah. Mulai dengan langkah kecil namun pasti. Setidaknya, ketika resolusi tidak tercapai, kamu telah menyiapkan pijakan untuk tahun berikutnya agar resolusi ini bisa tercapai di tahun berikutnya.
  • Cari penyemangat. Agar lebih bersemangat untuk mencapai resolusi, cari teman yang memiliki resolusi yang sama sehingga bisa saling mengingatkan. Kamu juga bisa menggunakan kisah inspiratif dari tokoh terkenal dalam bidang yang sama dengan target resolusi kamu.
  • Beri reward untuk dirimu sendiri. Memberikan hadiah bagi dirimu sendiri itu penting.  Dengan memberikan reward kamu bisa menghargai usaha dan kerja keras yang sudah kamu lakukan untuk mencapai target resolusi.

Membuat daftar resolusi tahun baru

Ketika membuat resolusi tahun baru, mungkin tak hanya 1 atau 2 resolusi saja yang ingin kamu capai. Dengan waktu yang singkat, hanya 1 tahun, maka kamu harus memilih secara spesifik mengenai apa saja hal yang ingin kamu capai. Dengan membuat daftar yang spesifik, maka anda bisa focus dan mengejar resolusi dengan maksimal.

Ketika membuat resolusi, buatlah track progress sehingga kamu bisa mengevaluasi langkah yang sudah kamu lakukan. Anda juga bisa menulis resolusi anda lalu temple di dinding untuk pengingat. Hias pula resolusi anda agar bisa terlihat menarik.

Berikan komitmen penuh kepada diri anda sendiri untuk memenuhi target resolusi yang telah anda buat.Kekuatan niat serta kemauan untuk bekerja keras dari diri kita sendiri merupakan hal yang paling menetukan untuk mencapai resolusi. Niat dan kemauan keras ini harus teroganisir dengan baik dan terarah dengan cara memanage resolusi yang telah kita buat dengan bentuk membuat langkah kecil yang nyata, memiliki tenggat, serta mendokumentasikan kemajuan dalam mencapai resolusi.

Jika gagal mencapai resolusi

Tahukah anda bahwa hanya ada sekitar 9,2% orang yang berhasil mencapai resolusi tahun barunya dan mengubah gaya hidup musuk mereka di masa lampau? Seringkali kita terlalu banyak menulis resolusi dan itulah yang membuat kita gagal.

Orang sukses akan menaati jurnal yang sudah mereka buat, berbicara di depan cermin, membaca, mengalahkan rasa takut dan ragu, merenung, membaur dengan orang yang memberikan dampak positif, bersyukur, bisa membagi waktu dengan baik, tidak meributkan hal yang sepele dan kecil, focus pada hal yang bisa di control, aktif dalam mendengarkan saran kritik yang membangun, menikmati uang yang sudah dihasilkan dalam berusaha dan yang tak kalah penting adalah meyakini kegagalan sebagai bagian dari menuju sukses.