Orang Karo Sedunia Bangga Padamu Lyodra Ginting - Tibelat News

Orang Karo Sedunia Bangga Padamu Lyodra Ginting

Tibelat.com, Jakarta – Judul di atas bukanlah hal yang mengada-ada, karena fakta membuktikan bahwa penampilan Lyodra Margaretha Ginting di ajang Indonesian Idol 2019 ini, selain menjadi satu energi dahsyat pemersatu suku Karo di manapun berada, juga berhasil memukau masyarakat indonesia pada umumnya.

Ya, ajang pencarian bakat menyanyi Indonesian Idol 2019 ini terus memberikan kejutan, dan kali ini kejutan itu datang dari gadis karo berusia 16 tahun, Lyodra Margaretha Ginting. Bukan hanya karena teknik vokal dan suara indahnya, Lyodra juga s.ukses membuat juri tercengang karena ternyata ia merupakan salah satu penyanyi muda Indonesia yang pernah menjuarai festival vocal Internasional.

Siapa Lyodra Ginting yang berhasil membuat publik terpukau?

Mari kenali beberapa fakta Lyodra Ginting ini:

Juara 1 Festival Vocal Solo San Remo Junior, Italia

Saat berusia 13 tahun Lyodra Ginting pernah mengikuti salah satu festival vokal di Italia. Festival San Remo Junior merupakan festival vocal internasional yang Lyodra ikuti kala itu. Setelah melalui proses seleksi yang sangat ketat dan panjang, Lyodra pun berhasil masuk sebagai finalis.

Lyodra menyanyikan lagu berjudul Dear Dream  karya ciptaan Gita Gutawa dan Erwin Gutawa. Lirik lagu karya duet ayah dan anak ini digubah ke dalam bahasa Inggris oleh Ria Leimena. Lyodra pun gemilang, dan menjadi juara pertama Festival San Remo tersebut untuk kategori penyanyi solo berusia 6-15 tahun.

Lyodra Ginting berhasil mengalahkan 22 peserta dari 18 negara. Bahkan, dewan juri serta seluruh penonton pun memberikan standing ovation untuk penampilannya tersebut.

Belajar Pada Erwin Gutawa

Sebelum maju ke Festival San Remo tersebut, Lyodra berlatih di bawah asuhan musisi ayah-anak, Erwin dan Gita Gutawa. Bakat Lyodra ditemukan oleh Erwin dan Gita Gutawa dalam program Di Atas Rata-rata 2. 

Meski tak banyak yang tahu, namun project tersebut merupakan wadah bagi anak-anak Indonesia dengan talenta bernyanyi luar biasa dan ajang ini juga digunakan untuk memperkenalkan lagu anak-anak yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Lyodra juga terjyata sudah sering tampil di berbagai mini konser. Saat tergabung dalam Di Atas Rata-rata, Lyodra pernah unjuk kebolehan suara di pertunjukan Bikin Konser, yang digelar di Ciputra Artpreneur, Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan pada tahun 2016.

Melantunkan lagu Janji untuk Mimpi, suara Lyodra pun sukses membuat publik terpukau, terutama suara melengking dengan teknik head voice-nya di tengah lagu tersebut.  Masih dalam event Di Atas Rata-rata, Lyodra juga mengisi single karya Erwin Gutawa yang berjudul Stop Bully. Saat itu, Lyodra bernyanyi bersama kakak-beradik Olive dan Ola. Lagu ini berisi ajakan agar remaja tidak melakukan bully kepada teman-temannya.

Berduet dengan Judika

Berikutnya fakta tentang Lyodra ialah, ternyata dia pernah berduet dengan salah satu juri Indonesian Idol, Judika. Mereka menyanyikan lagu I’ll Never Love Again, Lyodra pun menunjukan teknik vocal whistle, dengan suara melengking yang berhasil membuat juri terpukau.

Saat memasuki ruang audisi, gadis karo yang akrab disapa Lyodra ini pun sempat membuat Judika terkejut. Karena merasa tak asing dengan peserta audisi yang satu ini, Judika pun spontan berkata.

Kamu di Medan namanya sudah terkenal. Pernah menang di Italia kalau nggak salah juara 1 apa gitu,” kata Judika.

Persiapan Lyodra Jelang Festival San Remo

Dikutip dari siaran pers KBRI Roma, pasca mengikuti festival Vocal San Remo tersebut, Lyodra pun berkunjung ke KBRI Roma. Lyodra datang bersama Gita Gutawa dan asisten tim, untuk bertemu Duta Besar RI di Roma, Esti Andayani. Dalam kesempatan itulah, Lyodra bercerita perjuangannya untuk memberikan yang terbaik dan mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Selain rajin berlatih vokal, Lyodra mengaku berusaha keras menahan diri untuk tidak mengkonsumsi es krim dan coklat yang merupakan makanan favoritnya. Lyodra mengaku senang dan bangga dengan hasil yang diraih di Italia itu.

Namun gadis karo cilik ini menyatakan bahwa kemenangannya tersebut bukan hanya miliknya, melainkan juga orang-orang yang selama ini selalu mendukungnya.

Sesaat sebelum kembali ke Medan, Lyodra menyempatkan diri menikmati es krim asli Italia yang terkenal kelezatannya. Dia juga berpose di berbagai kawasan wisata Roma. Lyodra mengaku sebelumnya tidak pernah bermimpi untuk dapat berkunjung ke kota itu. Dia merasa kesempatan itu menjadi kado Paskah dari Tuhan untuknya.

Orang Karo Sedunia Bangga Padamu Lyodra Ginting

Saat ini, nama Lyodra Margaretha Ginting sedang jadi pembicaraan paling hot di Kabupaten Karo. Dari kedai-kedai kopi, pasar tradisional, komunitas gereja, terminal-terminal hingga orang karo di perantauan menyebut dan memperbincangkan namanya. Ada rasa bangga pada suku Karo ini saat menyebutkan namanya, bahkan tak sedikit politisi lokal yang coba “menunggangi” namanya, walau entah demi kepentingan apa.

Namun yang jelas, situasi itu telah membuktikan betapa pentas Indonesian Idol kali ini menjadi mimpi dan harapan indah bagi khususnya Orang Karo, di manapun mereka berada. Satu ekspresi kerinduan bersama (identitas kesukuan/Karo) yang wajar sekali, dan semoga memicu sebanyaknya generasi muda Karo (khususnya), untuk berjuang mewujudkan cita-citanya, seperti yang saat ini sedang berproses pada diri seorang Lyodra Margaretha Ginting.

Semoga menjadi inspirasi dan energi bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. Agar suku-suku yang terbilang kecil (minoritas) dibandingkan dengan suku-suku yang dominan, terus bersama, bersatu padu dalam bingkai NKRI tercinta. Mencintai suku beserta adat istiadat masing-masing sebagai akar dan asal usul identitas komunitas kecil kita, dan menyayangi Indonesia sebagai rumah bersama kita, atau identitas kebangsaan kita.

Lyodra Ginting, dari Karo untuk Indonesia..!!

Tinggalkan Balasan