Surga  baru Traveller di Nusa Tenggara Barat

Tak ada yang bisa menyangkal bahwa Lombok kini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Indonesia yang menjadi favorit setelah pulau Bali. Keindahan alamnya sekarang bisa disejajarkan dengan keindahan pulau bali dan banyak menarik wisatawan mancanegara dan local.

Semenjak diresmikan oleh presiden Joko Widodo sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK) Kawasan Mandalika kini digarap secara khusus sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dan perekonomian warga Nusa Tenggara Barat.  Kawasan Mandalika Lombok Tengah merupakan kawasan seluas 1.036 hektar yang menghadap ke Samudra Hindia dan memiliki pesona keindahan laut yang memukau. Mandalika juga dinobatkan sebagai tuan rumah perhelatan akbar MOTO GP 2021 mendatang. Jika anda tertarik untuk menjelajahi Mandalika saat liburan, berikut beberapa destinasi wisata yang bisa anda kunjungi.

Pantai Eksotis di Mandalika

Hal pertama yang bisa anda lakukan saat mengunjungi Mandalika adalah mengunjungi pantai yang ada di Mandalika. Ada beberapa pantai yang bisa anda kunjungi di Mandalika yang menawarkan pengalaman berbeda. Yang pertama ada pantai Kuta seperti yang ada di pulau Bali. Pantai ini selain merupakan teras dari hamparan lautan biru, terdapat perbukitan di sekitarnya dan pantainya memiliki pasir yang putih dan lembut. Kemudian ada Pantai Seger yang memiliki landscape unik dengan daya tarik ombak yang pas untuk berselancar serta gugusan karang yang menunggu untuk dijelajahi dengan snorkeling ataupun menyewa kano.

Untuk yang menginginkan pantai yang sedikit lebih sepi, maka pantai Tanjung An bisa menjadi alternative saat liburan. Selain pantai tanjung An, ada juga Pantai Serenting yang lumayan sepi jadi anda bisa bersantai tanpa gangguan menikmati keindahan alam dan berselancar di pantai.  Untuk penggemar selancar, anda bisa mengunjungi pantai Gerupuk yang terdapat beberapa spot menarik dengan ombak berbeda mulai dari normal hingga yang memacu adrenalin.

Saat mengunjungi pantai,  fasilitas serta spot foto yang instagrammable wajib dikunjungi jika anda suka berfoto. Di Pantai Tanjung An, ada batu payung yang merupakan batu karang tinggi dan besar. Batu ini celah di bawahnya sehingga berbentuk seperti payung jika dilihat dari kejauhan.

Ada pula goa kotak. Goa yang terletak di perbukitan dan memiliki bentuk unik berbentuk kotak. Selain itu, goa ini juga tidak memiliki stalagtit dan stalagmite yang umum terbentuk di goa. Jika anda menyusuri goa ini, maka anda akan berakhir dengan melihat pemandangan laut lepas dan kawasan Mandalika dari atas bukit. Tak lupa, jika anda hendak berlibur ke Mandalika, anda bisa mempertimbangkan untuk pergi ke Mandalika pada waktu yang bertepatan dengan beberapa festival kebudayaan yang diselenggarakan di sana. Festival Bau Nyale atau festival mencari cacing tanah yang ada di pantai rutin diselenggarakan setiap tahun.

Berbaur dengan kearifan lokal Warga Asli Mandalika

Jika anda memiliki waktu lebih lama untuk berlibur, anda bisa mengunjungi desa adat suku Sasak di kawasan Mandalika. Ada dua desa adat suku sasak yaitu desa adat Ende  dan desa adat Sade. Di kedua desa ini anda bisa berinteraksi dengan warga suku Sasak asli.  Menyaksikan kehidupan tradisional atau bahkan merasakan beberapa kegiatan di desa. Salah satu kegiatan yang bisa diikuti saat berkunjung ke desa adat adalah membuat kain tradisional, songket. Anda bisa melihat proses pembuatan kain mulai dari pemintalan benang, pewarnaan kain tenun, penenunan bahkan hingga menyimpan kain yang benar.

 

Tak perlu khawatir jika berkunjung ke pulau ini. beberapa akomodasi standar termasuk penginapan dan resort dengan harga terjangkau, transportasi yang memadai serta fasilitas umum telah disediakan bagi para pengunjung.

destinasi wisata baru Mandalika,  Perawan Wisata Tersembunyi  di Lombok