Kenaikan Tarif Tahun 2020 - Tibelat News Daftar kenaikan tarif 2020

Kenaikan Tarif Tahun 2020

Kenaikan tarif 2020

Tahun 2020 sudah dalam hitungan jam lagi. Siap-siap untuk merogoh kocek lebih dalam yaa atau kencangkan ikat pingang jika anda memiliki tanggungan atau kebiasaan berikut ini karena tahun 2020 hal-hal berikut akan mengalami kenaikan tarif.

Kenaikan Tarif

  1.  Cukai Rokok
    Berita mengenai kenaikan tarif cukai rokok sudah lama beredar semenjak pertengahan tahun 2019 lalu. Tak hanya rokok tembakau namun juga jenis rokok elektrik juga akan mengalami kenaikan. Kenaikan cukai rokok dan harga rokok akan berlaku mulai 1 januari 2020. Diperkirakan dengan kenaikan tersebut maka harga rokok pada tahun 2020 bisa mencapai harga Rp.35.000 per bungkus.
  2. Tarif BPJS
    Mulai 1 Januari 2020 nanti, iuran BPJS resmi naik bagi peserta BPJS mandiri. Ketentuan ini sudah diteken oleh Presiden Jokowi dalam Perpres nomor 82 Tahun 2018 mengenai Jaminan kesehatan.
    Iuran kepesertaan BPJS mandiri akan naik 2 kali lipat untuk kelas 1 dari 80- ribu menjadi 160 ribu per peserta per bulan, iuran kelas mandiri kelas 2 naik 115% dari 51ribu menjadi 110 ribu, dan dari kelas 3 naik menjadi 42 ribu sebulan dari sebelumnya Rp.25.500 ataunaik 64.7%.
  3. Tarif Listrik
    Pemerintah berencana untuk mencabut subsidi listrik untuk golongan rumah tangga mampu berdaya 900 VA pada 2020. Akibatnya, pelanggan pada golongan ini harus mengikuti ketentuan penyesuaian tariff listrik. Kendati begitu, kenaikan tariff masih menunggu keputusan agar tidak salah sasaran.
  4. Tarif Tol
    Tarif tol rencananya akan naik 2 tahun sekali. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan dengan kenaikan inflasi. Sebenarnya, sebelum tutup tahun 2019 ini, sudah ada beberapa ruas jalan tol yang sudah dinaikkan.
  5.  Tarif Ojol
    Tarif ojol ini sebenarnya sudah naik semenjak september 2019 lalu. Namun kenaikan yang dianggap membebani konsumen ini diprotest tak hanya konsumen namun juga driver Ojol. Penghasilan mereka turun semenjak adanya kenaikan tarif ojol.
  6. Tarif plastik belanja Rp 200
    Baiklah, sekarang setiap belanja ada baiknya membawa kantong sendiri. Sekarang harga plastik untuk membungkus belanjaan anda akan dikenai tarif.

Menyikapi kenaikan dengan Resolusi Keuangan

Baiklah, setelah melihat daftar kenaikan tarif yang akan naik di tahun 2020, sudahkah anda membuat resolusi yang terkait dengan keuangan di tahun 2020 besok? Inilah saat yang tepat untuk membuka kalender, spreadsheet ataupun metode yang anda biasa gunakan untuk membuat rencana anggaran tahun depan.
Antisipasi Perubahan
Jika anda berencana untuk memiliki pos pengeluaran besar yang harus diantisipasi, seperti tagihan KPR maka sebaiknya masukkan ke dalam rencana keuangan 2020 sesegera mungkin.
Buat estimasi
Jika anda tidak bisa memperkirakan berapa nilai harga di masa depan, maka buatlah perkiraan conservative. Ambil variable lain seperti inflasi dan nilai tukar rupiah. Saat ini, inflasi 2% sudah mempengaruhi laju keuangan anda terlebih dengan kenaikan tarif 2020 nanti.
Ricek target keuangan
Sebelum tahun 2019 ini berakhir, buatlah riset bagaimana target keuangan anda tahun ini. Mana yang sudah berhasil dan mana yang masih status backlog. Dengan ini anda bisa membuat perencanaan mengenai pengurangan pengeluaran, meningkatkan jumlah tabungan, ataupun mencari investasi keuangan lain.
Kualitas bukan kuantitas
Pernahkan anda merasa “ah ini murah, beli yang ini saja” namun kemudian barang dengan harga murah tersebut ternyata tidak tahan lama sehingga harus membeli barang yang baru lagi. Membeli barang dengan kualitas yang terbaik bisa “menyelamatkan” anda dari membeli barang berkali-kali.

Kebutuhan nomor 1

Ingat, kebutuhan bukan keinginan yang harus anda prioritaskan mulai sekarang jika anda ingin memulai resolusi keuangan yang lebih stabil di tahun 2020 dengan kenaikan beberapa pos keuangan seperti di atas.
Jika anda sudah bisa memisahkan antara keinginan dengan kebutuhan, maka anda akan mengetahui berapa banyak sisa keuangan anda yang bisa digunakan untuk membeli barang yang anda inginkan. Selain itu, dengan membuat rencana keuangan anda bisa menghadapi kenaikan tarif 2020 dengan terencana.

Tinggalkan Balasan