Berhenti Merokok Dengan Efektif - Tibelat News Sukses Berhenti Merokok

Berhenti Merokok Dengan Efektif

sukses berhenti merokok

Bagaimana berhenti merokok tanpa merasa kecanduan

Berhenti merokok dan memulai gaya hidup sehat tak jarang membutuhkan komitmen yang kuat dari perokok aktif. Merokok menyebabkan masalah kesehatan serius bagi perokok aktif dan pasif. Stop merokok merupakan cara paling efektif dalam meningkatkan kualitas hidup serta memperpanjang usia.

Dukungan dari orang terdekat Saat berhenti merokok

Dukungan yang diberikan akan menyemangati anda untuk berhenti merokok. Namun begitu seringkali dukungan tersebut hanya di awal saja, setelah 1-2 bulan, dukungan tersebut seakan hilang. Padahal sebagai seseorang yang sudah merasakan nikmatnya kecanduan nikotin anda akan merasa sangat kesulitan untuk menghindari godaan untuk tidak merokok apalagi di masa-masa awal.

Hindari gangguan dari sesama perokok

Perasaan akan kecanduan nikotin serta merasa membutuhkan rokok sebenarnya sangat dibenci oleh perokok yang hendak menghapus kebiasaan merokok. Pada kenyataanya, banyak perokok aktif yang merasa terjebak dan seringkali merasa sudah tidak bisa melakukan apa-apa untuk mengatasi rasa kecanduan nikotin ini selain dengan merokok kembali. Hal inilah yang akhirnya banyak membuat para perokok aktif kemudian akhirnya kembali menjadi perokok dan gagal untuk berhenti.

Tegas Menolak Ketika ditawari rokok 

Jika dirasa perlu, anda bisa untuk sementara tidak berkumpul dengan teman-teman yang sama-sama aktif merokok. Terutama mereka perokok yang justru tidak mendukung dan menggoda untuk merokok kembali. Banyak perokok yang sedang dalam masa transisi untuk atau yang sudah tidak merokok saat berkumpul dengan teman-teman perokok lalu merasa tidak enak karena ditawari rokok sehingga akhirnya terpaksa merokok kembali walaupun hanya 1-2 batang rokok saja. Ingat, walaupun hanya 1-2 batang, namun dengan riwayat kecanduan akan nikotin dapat membuat anda menjadi ingin merokok kembali.

Komitmen adalah Kunci

Keberhasilan anda untuk tidak merokok sebenarnya tergantung pada komitmen anda untuk berhenti merokok. Jangan pernah berharap bahwa anda bisa menghilangkan kebiasaan merokok  hanya dengan 1-2 bulan saja. Banyak perokok yang sedang dalam masa transisi justru akhirnya kembali merokok. Ingat kembali alasan mengapa anda tidak merokok. Pastikan bahwa anda berhenti  karena kesadaran anda sendiri. Jangan berharap anda akan bertahan lama untuk tidak merokok karena anda diminta oleh pasangan anda. Berhentilah karena anda sadar akan kesehatan anda dan jangan biarkan apapun menggoyahkan niat anda.

Cara mudah berhenti merokok

Ada berbagai cara untuk berhenti merokok dan cara mana yang berhasil bagi sebagian orang belum tentu berhasil bagi anda. Namun begitu ada baiknya anda untuk mengikuti beberapa saran berikut ini agar anda bisa menghilangkan kebiasaan merokok dan tidak merasa “sakau” atau merasakan dorongan ingin merokok.

  1. Buat daftar alasan mengapa anda harus berhenti merokok. Bagi sebagian orang, tidak merokok merupakan salah satu hal yang sangat sulit apalagi karena kebiasaan menjadi seakan candu dan sulit untuk dihilangkan. Buatlah daftar alasan mengapa anda harus berhenti dari kebiasaan ini agar saat anda sedang tidak semangat dan tergoda anda bisa membaca kembali dan memulai motivasi kembali di awal anda ingin menghilangkan kebiasaan merokok.

  2. Rencanakan kapan akan mulai program. Tentukan tanggal pasti anda ingin berhenti agar efektif. Beritahu teman dan keluarga bahwa anda akan berhenti merokok. Buang semua rokok serta asbak yang ada di rumah. Siapkan pengganti rokok baik itu permen atau apapun yang bisa dijadikan alternative saat anda merasa ingin merokok. Vape bukanlah alternatif rokok, karena sama berbahayanya dengan merokok.

  3. Antisipasi saat-saat anda merasakan ingin merokok. Anda pasti sudah tahu bahwa ada waktu-waktu tertentu yang seringkali menyebabkan rasa ingin merokok muncul. misalnya saat sedang minum kopi, setelah makan, saat sedang berada dalam tekanan, ataupun ketika berkumpul dengan teman-teman yang juga perokok.

  4. Terapi dari kecanduan nikotin. Ada beberapa metode yang efektif untuk menghilangkan kecanduan nikotin. Diantaranya adalah dengan menggunakan patch, tablet hisap dan inhaler. selain itu mengikuti terapi hipnosis dan perilaku bisa membuat anda termotivasi kembali saat menjalankan program.

therapi berhenti merokok
Permen therapy alternatif untuk kecanduan nikotin

5.Menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan

6.Terus memotivasi diri sendiri untuk berhenti merokok.

Jangan pantang menyerah ketika anda ingin memulai suatu kebiasaan yang baik. Tidak merokok memberikan dampak yang baik tak hanya bagi anda sendiri namun juga bagi sekitar anda dan lingkungan.

 

Tinggalkan Balasan